Selasa, 14 Maret 2017

Manfaat Kunyit Asam Untuk Ibu Hamil

manfaat jamu kunyit asam untuk ibu hamil


Manfaat kunyit asam untuk ibu hamil dan kunyit asam buat ibu menyusui – sampai detik ini belum pernah ada uji coba yang menyatakan bagian mana dari jamu kunyit asam yang bisa membahayakan kehamilan buat ibu hamil. Jika saja rumus kimia dan senyawa yang terdapat pada kunyit asam dan jamu yang lain dapat diketahui tentu akan mudah buat mencari literatur atau buku terkait, apakah zat-zat tersebut memang berbahaya atau justru bermanfaat.

Manfaat jamu kunyit asam untuk ibu hamil


Apa masih dapat dipertanggung jawabkan klaim yang menyatakan bahwa bahan utama jamu kunyit asam yang terdiri atas akar, daun dan umbi-umbian benar-benar alami. Melihat tingginya tingkat polusi, kemungkinan besar sifat alaminya telah berbeda dibandingkan dulu saat pertama kali digunakan dalam pembuatan jamu. Belum lagi cara pengolahan yang tidak sesuai pasti akan menimbulkan efek yang berbeda.

Bila jamu buatan kunyit sendiri atau industri rumahan saja masih dipertanyakan kehigienisnya, bagaimana dengan jamu yang dibuatsecara massal oleh konsumen pada bentuk kapsul, pil atau tablet. Bahkan ada beberapa jenis jamu kunyit asam untuk ibu hamil yang jelas sangat berbahaya karena memang terbukti dicampur dengan bahan kimia obat. Produk seperti itu, apalagi yang tidak terdaftar oleh badan pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) akan ditarik dari pasar atau bahkan dibatalkan nomor registrasinya.

Hampir dapat dipastikan bahwa Seluruh jamu berbahaya bila dikonsumsi oleh buat ibu hamil. Khususnya yang biasanya diyakini berkhasiat memperlancar proses persalinan. Itulah kenapa, walaupun banyak masyarakat telah menganjurkan, sebaiknya ibu hamil mengetahui dan menyadari semua risiko yang mungkin saja akan muncul.

jamu yang dibuat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, juga sebaiknya jangan dikonsumsi oleh ibu hamil, termasuk diantaranya kunyit asam, dan sebagainya. Jikalau ibu hamil merasalelah, pusing dan mual, atau keluhan lain yang biasanya menyertai ketika hamil, sebaiknya segeralah untuk beristirahat.

Lantas bagaimana dengan bahan alami lainnya yang dipercaya dapat mengurangi efek mual, seperti jahe?. Selama tidak berlebihan maka tidak mengapa. jahe memang dapat memberikan manfaat seperti mengurangi keluhan hamil dan mual. Contohnya adalah jahe yang dibuat menjadi biskuit atau diseduh buat minuman dan sebagainya.

Ada juga sebenarnya bahan alami yang bukan berasal dari indonesia yang juga dipercaya dapat memperlancar proses persalinan. Adalah rumput fatimah, namun selama bahan tersebut belum pernah diteliti secara ilmiah melalui serangkaian uji coba serta dapat dibuktikan khasiatnya secara medis, sebaiknya janganlah dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pertimbangannya, untuk wanita yang sehat dan tidak pada kondisi sedang hamil, konsumsi jamu tidak menimbulkan efek, sedangkan pada ibu hamil belum tentu demikian. Demikian manfaat kunyit asam untuk ibu hamil semoga bermanfaat.

Sumber: Hamil Care

Tidak ada komentar:

Posting Komentar