Sabtu, 04 Maret 2017

Posisi Duduk Yang Benar Agar Tidak Sakit Punggung

Sakit punggung (Low back pain) dapat terjadi karena akibat posisi duduk atau mengangkat barang dengan posisi tubuh yang tidak tepat. Lantas, bagaimanakah posisi duduk yang baik atau cara mengangkat barang yang tepat.

Menurut ahli fisioterapis posisi duduk yang dianjurkan sehingga mampu untuk mencegah munculnya nyeri pada pinggang yaitu duduk dengan cara posisi punggung bersandar sepenuhnya pada sandaran kursi. Iqbal juga mengingatkan bahwa ketika duduk, kaki seharusnya berada di lantai. Ini karena posisi kaki yang tidak menyentuh lantai dapat mengakibatkan terjadinya pembengkokan yang berlebihan di tulang belakang.

Baca juga: Buah buahan yang bagus buat ibu hamil

Pembengkokan pada tulang yang berlebihan dapat membuat otot menjadi stres hingga merubah struktur tulang belakang. Akibatnya, dapat memicu timbulnya keluhan seperti nyeri pinggang.

Lantas bagaimanakah posisi tubuh yang benar ketika mengangkat barang?

Untuk posisi tubuh mekanik ktika kita mengangkat barang dari lantai atau tempat yang rendah, usahakan jangan sampai membungkuk. Akan tetapi, gunakan posisi berjongkok sehingga menjaga postur tulang belakang. Andaikata kita hendak mengangkat barang di lanti, maka sebaiknya kita jongkok terlebih dahulu lalu baru kita angkat barangnya. Dengan tetap mempertahankan posisi tubuh kita tetetap tegak, lanjut baru angkat tubuh secara perlahan-lahan.

Begitulah cara posisi duduk dan mengangkat barang agar tidak muncul nyeri pinggang. Semoga bermanfaat





Tags: cara duduk yang benar dan sopan, posisi duduk yang benar dalam menggunakan komputer, posisi duduk di lantai yang benar, posisi duduk yang benar saat belajar, posisi duduk yang salah, posisi duduk yang benar berdasarkan ergonomi, posisi berdiri yang benar, posisi duduk yang benar saat menulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar